Israel: Palestina Merdeka, Nanti Dulu!

YERUSALEM – Sejumlah pejabat Palestina menilai pidato yang disampaikan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di hadapan kongres AS tidak akan menciptakan perdamaian di Timur Tengah. Bahkan Netanyahu dianggap telah membuat kondisi kian sulit.

Di satu sisi Netanyahu bersedia melakukan ‘kompromi yang menyakitkan’ untuk mencapai kemerdekaan. Namun, di sisi lain Netanyahu menolak memenuhi seruan Obama untuk menjadikan tapal batas 1967 sebagai dasar bagi pembicaraan perdamaian dengan Palestina, termasuk pertukaran wilayah.

”Apa yang disampaikan Netanyahu tidak akan menciptakan perdamaian,” kata Nabil Abu Rudeina, juru bicara pemimpin otoritas Palestina, Mahmoud Abbas seperti dikutip BBC.

Baginya, apa yang disampaikan Netanyahu tidak ada yang baru. Apa yang disampaikannya justru menghambat perjalanan perdamaian yang langgeng dan menyeluruh. Bahkan menurut juru runding Palestina, Saeb Erekat, pidato itu menunjukkan bahwa Israel tidak dapat menjadi mitra yang baik bagi perdamaian di Timur Tengah.

Erekat menilai Netanyahu telah mendikte hasil dari perundingan sebelum perundingan dimulai. Seperti masalah Yerusalem tidak akan dibagi, pengungsi Palestina tidak dapat kembali, tentara tetap berada di perbatasan, proyek pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan tetap berlangsung, dan Palestina tidak boleh memiliki kekuatan militer.

Netanyahu juga meminta Abbas untuk mengakhiri rekonsiliasinya dengan kelompok Hamas yang dicap sebagai organisasi teroris. Israel tidak akan bersedia berunding dengan organisasi teroris.

Namun, seorang pejabat Hamas menyangkal pidato Netanyahu yang dianggapnya sombong itu. ”Mengabaikan hak rakyat Palestina sama dengan mengakhiri perundingan dan menjalankan rekonsiliasi secepat mungkin,” kata Sami Abu Zuhri, seorang juru bicara Hamas seperti dikutip AFP. (rep)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s