Redam Aksi Demo, Israel Bunuh 21 Orang di Hari Naqba

Sedikitnya 21 orang pengunjukrasa damai di kawasan Syria, Lebanon dan Gaza yang berbatasan dengan Palestina dikabarkan dibunuh pasukan Zionis Israel secara terpisah namun dalam waktu hampir bersamaan.

Titik-titik lainnya termasuk Gaza dan Dataran Tinggi Jolan yang berbatasan dengan Suriah dan Lebanon – dua tempat konsentrasi pengungsi Palestina selama 63 tahun penjajahan Zionis. Sedikitnya 200 orang cedera, demikian laporan berbagai sumber.

Angka-angka ini masih harus terus diverifikasi, namun kebrutalan ini berlangsung sejak siang Ahad 15 Mei kemarin sampai malam tadi.

Serdadu-serdau Israel menembaki para pendemo saat aksi unjuk rasa yang diadakan di Timur Tengah – termasuk di Qalandiya dan Al-Walaja di Tepi Barat –   sebagai protes atas pembentukan rezim Israel 63 tahun yang lalu. Berbagai saksi mata dan media melaporkan, serdadu-serdadu Zionis Israel menggunakan senjata mulai dari granat gas air mata sampai peluru hidup berbalut karet untuk meredam demonstrasi. Helikopter Apache , tank-tank dan pesawat tempur F-16 milik Israel terbang diatas para demonstran, sementara tentara menembakkan peluru dekat pengunjuk rasa yang berbaris.

Sebelumnya, pada hari Ahad para demonstran berkumpul di berbagai kota di seluruh Timur Tengah untuk mengingat pendudukan Palestina pada 15 Mei 1948 , yang dikenal sebagai Hari Nakba atau “hari bencana.”

Sejumlah relawan kemanusiaan pendukung kemerdekaan Palestina dari berbagai negara ditangkap-paksa, termasuk dari Kanada, Amerika, Jerman dan Belanda. Washington, pemasok terbesar persenjataan Zionis termasuk dengan dana USD 30 miliar dalam 10 tahun, masih berdiam diri menyaksikan kebrutalan Zionis. (rep/vois/shbtaqsha/am)

One thought on “Redam Aksi Demo, Israel Bunuh 21 Orang di Hari Naqba

  1. Ping-balik: Remaja Palestina Disiram Minyak Panas di Israel | Bani Madrowi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s