Khasiat dan Pengobatan dengan Air Zam-Zam

Di Masjidil Haram, setiap hari ratusan hingga ribuan umat islam meminum air zam-zam. Mereka meyakini bahwa air tersebut memiliki khasiat pengobatan, disamping dapat menghilangkan rasa haus yang menimpa setelah melaksanakan ibadah, thawaf, sai, shslat, dan tilawah Qur’an. Bahkan mereka meyakini bahwa air zam-zam merupakan mujizat Nabi Ismail as yang hingga kini dapat disaksikan dan dapat dinikmati oleh umat Islam di seantero dunia hingga kini.

Padahal usian sumur zam-zam sudah ribuan tahun yang lalu, tapi hingga kini masih tetap menghasilkan ribuan liter air zam zam setiap jamnya.Volume air zam zam dari sumbernya tidak pernar banjir ketika jamaah haji tidak ada dan tidak pernah surut atau berkurang ketika jamaah haji membludak.

Sami Unqowy, Eng., Ketua Pusat Penelitian Haji,”Ketika kamimelakukan penggalian untuk perluasan sumur zam-zam, maka setiap kali mengambil air zam-zam tersebut semakin bertambah air yang keluar, setiap kami mengambil airnya, bertambah pula air dari sumur zam-zam itu, …maka kami menyibukkan diri untuk memompa (menyedot) air zam-zam itu dengan tiga kali sedotan agar kering sehingga memudahkan kami dalam memasang pondasi. Lalu, kami pun melakukan penelitian terhadap air zam-zam dari celah-celah mata airnya untuk mengetahui ada tidaknya bakteri. Maka, ternyata air zam-zam tesebut tidak mengandung satu jenis bakteri pun!! Murni dan bersih. Akan bisa terkontaminasi setelah dipindahkan pada bejana atau ember, maka polutan pun masuk kepadanya !! Akan tetapi air itu bersih dan suci tidak terdapat bakteri apapun. Ini adalah keistimewaan air zam-zam. Dan diantara keistimewaan lainnya adalah manusia masih bisa menikmati air zam-zam itu sampai sekarang, dan terus mengalir sejak zaman Rasulullah Saw sampai kini.

Rasulullah bersabda, “Air zam-zam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya” (HR. Ahmad). Air zam-zam tergantung niat orangyang meminumnya. “Jika engkau meniatkan dalam meminumnya untuk mengobatimu, maka Allah akan menyembuhkanmu. Jika engkau niatkan agar engkau kenyang, maka Allah menjadikanmu kenyang. Jika engkau meniatkannya untuk menghilangkan haus, maka Allah akan menghilangkan kehausanmu, dan zam-zam itu adalah cekungan yang dibuat oleh Jibril dan air yang mengalir yang Allah berikan kepada Ismail (HR. Daraquthni).

Mengenai khasiat air zam-zam dalam mengobati penyakit, ada beberapa kisah yang dituturkan oleh penderita penyakit. Ketika penulis pulang haji pada awal tahun 2002, sejumlah tetangga datang ke rumah untuk bersilaturzhim.Tentu saja dengan senang hati penlis suguhkan macam-macam oleh-oleh khas Arab yang dibawa saat itu; kurma madinah, kacang arab, kismis, dan tidak ketinggalan air zam-zam. Salah seorang tetangga kami ada yang sengaja datang ke rumah untuk meminta air zam-zam dengan tujuan untuk mengobati penyakit mata yang dideritanya, setelah beberapa hari ia datang bercerita bahwa berkat air zam-zam yang saya berikan sakit matanya sembuh. Padahal sebelumnya ia pernah berobat ke sejumlah dokter mata yang ada di Jakarta.

Kisah lain tentang khasiat air zamzam diungkapkan oleh seorang bernama Farouq Antar (kisah ini diambil dari sebuah buku) ia menceritakan kisah sakit yang dideritanya, yaitu penyakit kencing batu. Ia bercerita, ”Batu ginjal yang ada pada tubuhku hanya bisa dikeluarkan dengan operasi namun aku tidak mau dioperasi. Aku pergi umrah… , dan aku memohon kepada Allah agar memberikan kesembuhan kepadaku tanpa operasi”. Maka, Farouq pun pergi ke Mekkah, dan melakukan umrah di sana serta minum air zam-zam, mencium hajar aswad, sholat dua rakaat sebelum keluar dari Masjidil Haram, maka tiba-tiba ia merasakan sesuatu di kantung kemihnya, maka ia pun bergegas ke kamar kecil. Maka, ternyata sesuatu yang menakjubkan telah terjadi, keluar batu yang lumayan besar, dan ia pun sembuh tanpa harus masuk ke ruang operasi.

Di negeri kita banyak orang yang mengobati penyakit dengan menggunakan air sebagai sarana pengobatan, untuk diminum, dioleskan atau buat merendam organ tubuh yang berpenyakit. Fenomena pengobatan dengan terapi air sudah tidak asing bagi masyarakat kita. Di daerah Tasikmalaya, tepatnya di Desa godebag kecamatan Pagerageung, setiap harinya ratusan jamaah tarekat Qadiriyyah Naqsaandiyyah datang berduyun-duyun menemui sesepuh pesantren Suryalaya bernama Abah Anom untuk bersilaturrahim dan berdoa bersamanya meminta penyembuhan berbagai penyakit dan keluarga mereka di rumah. Mereka juga berdoa bersama Abah Anom tentang rezeki dan kesuksesan hidup mereka. Biasanya mereka datang dengan membawa air kemasan atau air di botol yang khusus mereka bawa dari rumah dengan harapan air itu didoakan bersama Abah Anom dan para jamaahnya. Air ini mereka yakini mempunyai kekuatan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit mereka dan keluarga mereka. Di Bandung, tepatnya di pesantren al-Falah Dago, setiap malam Jumat bada shalat maghrib berjama’ah. Para jamaah mengumpulkan botol-botol kemasan air mineral berikut isinya dikumpulkan ditengah masjid di sana. Kemudian mereka berdoa bersama, dan beshalawat kepada Nabi Saw.Setelah selesai ritual,para jamaah membawa air yang didoakan ke rumah masing-masing. Tidak hanya itu, di sejumlah tempat ibadah lainnya umat Islam banyak yang membawa air dalamkemasan guna diberikan doa oleh ustadz dan jamaah lainnya. Tentu saja, hal ini akan bermanfaat selagi keyakinan umat Islam masih terjaga. Tidak tergelincir padaperbuatan syirik yang menyesatkan. Air hanya sebagai sarana saja, Allah yang menyembuhkan penyakit.

Hal ini sudah dibuktikan juga melalui riset para ahli ilmu pengetahuan. Dalam kehidupan sehari-hari, tubuh manusia pernah mengalami panas dan dingin. Kombinasi madu dan air merupakan solusi pengobatan alternatif yang cukup efektif. Madu merupakan komponen yang atau disebut juga herba panas.Dan air merupakan komponen yin atau disebut juga herba dingin. Ketika badan dingin, maka dibutuhkan sesuatu yang panas.Cara untuk membuat obatnya adalah ambil air segelas. Lalu air tersebut ditambahkan madu secukupnya. Setelah itu campuran air dan madu tersebut diaduk dengan menggunakan sendok nonlogam.Diharapkan campuran air dan madu tersebut didoakan agar kristal air tersebut bagus.Ketika badan panas, maka dibutuhkan sesuatu yang dingin. Cara untuk membuat obatnya adalah letakkan madu di dalam gelas. Lalu gelas tersebut ditambahkan air secukupnya.Setelah itu campuran air dan madu tersebut diaduk.

Air merupakan ciptaan Allah yang mempunyai manfaat sangat banyak bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Allah menciptakan air guna menjadikan ekosistem di bumi ini berlangsung seimbang. Air bisa menjadi kawan manusia jika manusia mampu mengolahnya dengan bijaksana. Air juga bisa menjadi lawan yang membahayakan manusia bila manusia berbuat serakah dan tidak bijaksana. Salah satu manfaat air ialah untuk pengobatan.

Pengobatan dengan terapi air ternyata dapat pengakuan baik dari sisi agama, juga sisi ilmuwan. Masarro Emoto adalah salah satu peneliti yang membuktikan kehebatan air dari sisi ilmiah. Dari sisi agama terdapat sejumlah hadis Nabi Saw yang menerangkan manfaat air (zam-zam) dan air murni lainnya. Ini suatu perpaduan bahwa manusia mendapat kebenaran melalui keyakinan agama dan ilmiah sekaligus.

Bagi pemeluk agama Islam pengobatan menggunakan terapi air merupakan salah satu alternatif dalam ikhtiar atau usaha menghilangkan penyakit yang ada pada diri. Hal pentingyang perlu dijaga adalah akidah tauhid bahwa air hanya sarana pengobatan, Allah yang menyembuhkan. Wallahu ’alam. (eurekaindonesia)

One thought on “Khasiat dan Pengobatan dengan Air Zam-Zam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s